Tips Agar Buku Tidak Menguning

Tips mencegah buku menguning - Kertas buku menguning disebabkan oleh proses oksidasi, yang mengubah warna bahan kertas di bawah aksi oksigen.

Tidak seperti masalah rayap yang dapat dicegah, proses oksidasi kertas terjadi secara alami dan terjadi seiring waktu.

Tips agar buku tidak menguning

Tips Agar Buku Tidak Menguning

Sinar matahari dapat mengeringkan buku, tetapi sinar matahari langsung pada buku akan membuat halaman terlalu kering.

Kiat jenis kelamin bayi, buku dan alat tulis, dan tutorial melingkar

Kertas yang sangat kering akan terlihat coklat dan akhirnya menguning dari warna kertas aslinya.

Sinar matahari dapat membuat buku Anda bergelombang, rapuh, dan mudah robek.

Jika Anda memiliki buku tua dan berencana untuk menyimpannya dalam waktu lama, bungkus dengan plastik.

Jika Anda tidak dapat menemukan sudut kering di dalam rumah atau jika rak buku Anda berada di ruangan yang lembap...

Rekomendasi Buku Psikologi Terbaik (Expired 2022)

... Anda bisa menyiasati masalah ini dengan mengatur ventilasi ruangan agar sirkulasi udara merata dan ruangan tidak lembab.

Tidak hanya buku yang menguning, minyak dan kotoran lainnya dapat dengan mudah merusak kertas buku.

Baca juga: 7 Model Ventilasi Rumah Kecil Cara Melindungi Buku Agar Tidak Dimakan Rayap oleh Orang Tersayang

Tips Agar Buku Tidak Menguning

Ternyata menyimpannya pada suhu ruangan tidak hanya membuat kertasnya luntur, tapi juga mengusir rayap.

Cara mudah untuk melindungi, menyelesaikan, dan menyelesaikan buku, mudah

Jika buku Anda penuh dengan rayap, masukkan ke dalam lemari es dan tunggu sehari sampai rayap mati.

Senyawa asam borat menyebabkan rayap kehilangan cairan tubuh, mematikan sistem sarafnya, menyebabkan rayap mati secara perlahan.

Bahan alternatif lain yang bisa mengusir rayap antara lain air, ampas tembakau, dan garam. Anda dapat menemukan semuanya di rumah.

Yang harus Anda lakukan adalah menemukan sumber rayap di atau di sekitar rak dan menjauhkan karton dari sarang rayap.

Cara menata buku di rak buku untuk #dirumhajj yang #dirumhaji

Rayap itu sendiri keluar dan mulai memakan karton itu, mereka semua pergi ke karton itu, membuka karton itu dan membakarnya. . Beberapa menganggapnya normal, yang lain menganggapnya menjengkelkan. Di akun Twitter Literary Basics, saya sering melihat pembaca bertanya bagaimana cara agar buku tidak menguning, atau setidaknya menghentikan proses pembubutan agar tidak terjadi begitu cepat.

Meski buku-bukunya kasar dan tidak rata, bintik-bintik kuning itu sebenarnya normal, yang membuatnya terlihat seperti bintik-bintik jelek. Bintik kuning bisa muncul, misalnya setahun setelah membeli buku, tapi bisa muncul lama kemudian.

Pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan apa yang terjadi jika buku menguning dan apakah ada cara untuk mencegah atau memperlambat proses ini.

Tips Agar Buku Tidak Menguning

Sebelum membahas tentang menguningnya buku, pertama-tama kita harus mengidentifikasi media di mana menguning terjadi, yaitu kertas. Ada banyak jenis kertas

Tips cara merawat buku agar awet dan tidak rusak

Ini salah satunya. Pada umumnya bubur kayu dibuat dari jenis kayu tertentu yang dipanen kemudian diolah di pabrik pengolahan.

Kayu tersebut kemudian didaur ulang menjadi berbagai proses seperti kertas sablon, kertas karton tebal, dan kertas karton untuk kemasan produk.

, seperti namanya, dimaksudkan untuk menjadi buku cetak pribadi. Jenis kertas ini memiliki karakteristik tertentu yang mendukung tujuan ini, seperti bobotnya yang ringan dan warna kuning-putih yang lebih cocok untuk jangka panjang. Tak heran, sebagian besar publikasi nasional dan internasional menggunakan jenis kertas ini.

. Selulosa adalah komponen utama tumbuhan hijau. Zat ini tidak berwarna dan dapat memantulkan cahaya, sehingga otak kita melihatnya berwarna putih. Bahan ini menghasilkan kesan putih pada kertas. Bahan utama berikutnya adalah lignin, lem alami yang terdapat pada kayu. Zat ini membuat pohon itu keras dan kuat. Kedua unsur kimia ini membentuk ikatan kimia yang membentuk kertas.

Tips perawatan yang tepat agar buku lebih awet dan aman

Jika kertas terkena oksigen (O2), ikatan kimianya putus dan sebagian cahayanya ditekuk. Otak manusia merasakan fenomena ini dan melihatnya sebagai warna kuning. Oleh karena itu proses ini disebut proses oksidasi. Hal yang sama berlaku untuk apel yang lezat.

(pada jenis kertas tertentu) digunakan dalam proses produksi untuk mengurangi jumlah lignin. Secara otomatis, semakin banyak pemutih yang Anda gunakan, semakin putih kertasnya dan semakin kecil kemungkinannya untuk menguning. Oleh karena itu, kertas HVS menunjukkan lebih sedikit menguning dibandingkan jenis kertas lainnya

Seperti benda yang terbuat dari bahan organik, kertas rentan terhadap pertumbuhan jamur. Mencetak di atas kertas menyebabkan menguning. Salah satu alasan jamur tumbuh di atas kertas adalah cuaca yang terlalu lembab. Pertumbuhan jamur di atas kertas memakan kertas itu sendiri dan kontaminan luar seperti debu, keringat ringan, noda makanan/minuman, dan serangga yang terperangkap menempel di samping.

Tips Agar Buku Tidak Menguning

Paparan langsung terhadap cahaya mempercepat penguningan kertas. Sinar matahari dan cahaya buatan, seperti lampu ruangan, memancarkan panas yang perlahan "membakar" kertas. Sama seperti adonan kue yang menguning saat dimasak, begitu pula kertasnya. Sayangnya, proses ini tidak dapat dicegah, dan menguningnya telur yang disebabkan oleh proses ini tidak dapat dikembalikan. Anggap saja proses ini sebagai proses penuaan sebuah buku.

Tips merawat buku agar tidak cepat rusak

Dari ketiga proses tersebut dapat disimpulkan bahwa proses menguning ini tidak dapat dihindari. Buku yang kita beli melalui proses ini dan tidak terlihat baru. Namun, jika Anda ingin memperlambat prosesnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Hindari buku beroksigen sebisa mungkin, karena kontak kertas dengan oksigen menyebabkan proses oksidasi. Tips ini mungkin terlihat konyol, tetapi bisa jadi praktis. Cara umum untuk "menjaga buku dari oksigen" adalah dengan membungkusnya dalam kantong plastik.

Jadi kami melihat buku-buku terbungkus segel plastik di perpustakaan. Ada berbagai jenis plastik yang bisa digunakan untuk membungkus buku

. Anda juga dapat menyertakan buku yang dibungkus plastik sehingga Anda dapat melakukan yang terbaik dan tidak ingin mengeluarkannya dan membukanya lagi dan lagi.

Inilah cara mencegah buku Anda menjadi kuning.

Namun, pastikan tempat tersebut bebas dari debu dan serangga dan tentunya benar-benar kering. Kalau tidak, niat untuk melindungi buku itu akan menghancurkan buku itu sendiri. Dia menunggu

Jaga kelembaban di dalam rumah pada tingkat yang tepat. Ini mencegah jamur tumbuh di buku. Sediakan juga ruang untuk rak buku. Jangan simpan buku hingga terbentur, sisakan ruang untuk sirkulasi udara. Selain itu, hindari membungkus buku terlalu rapat agar buku memiliki sirkulasi udara yang baik.

Membersihkan buku secara teratur. Bagian atas buku yang terbuka jelas merupakan bagian buku yang paling berdebu. Jika debu mulai menumpuk, seka perlahan dengan kain kering.

Tips Agar Buku Tidak Menguning

Jika ingin membaca sambil makan/minum, jangan sampai makanan/minuman mengotori buku. Jika sudah terbuka, segera bersihkan agar tidak ada lagi sisa kertas. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, noda makanan dan minuman pada kertas merupakan sumber makanan bagi jamur kertas.

Sudahkah kita mengelola buku dengan baik agar tidak mudah rusak?

Jangan simpan buku di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ini bisa mempercepat "pembakaran" kertas. Termasuk pembacaan yang akurat di bawah lampu baca.

Beberapa buku lebih ekstrim, seperti menghaluskan tepi kuning (tidak di setiap halaman). Namun secara pribadi saya tidak merekomendasikan cara ini karena akan berakibat buruk jika diteruskan dalam jangka panjang. Karena saat mengamplas buku, sebagian kecil bahan kertas yang diamplas. Tentu saja, buku dengan halaman yang diampelas akan kembali terlihat bersih, tetapi lama kelamaan akan menguning kembali. Apakah kita masih menggiling?

Secara umum dapat disimpulkan bahwa menguningnya buku adalah hal yang wajar, karena buku terbuat dari bahan organik. Jadi jika node kita menguning, yang bisa kita lakukan hanyalah menghapusnya. Mengakui bahwa ini sedang terjadi jelas merupakan cara untuk menemukan kedamaian setelah mencoba memperlambat prosesnya.

Jika Anda salah satu dari mereka yang khawatir koleksi buku Anda menguning, opsi lain yang mungkin ingin Anda pertimbangkan adalah menimbun dan membeli.

Tips membaca buku lucu dan membosankan.

Seperti Kindle dan Onyx Box, masih terlihat dan terasa seperti membaca di atas kertas, namun tahan terhadap oksidasi dan jamur.

Kita bisa dengan mudah menemukan buku bajakan yang dijual secara online. Banyak penulis sering mengatakan bahwa mereka menentang propaganda

Saya percaya bahwa setiap orang pernah mengalami dilema moral dan dilema moral lebih sering terjadi pada tahap kehidupan tertentu. Sejak kecil, kita selalu dinasihati bahwa “Buku adalah jendela ilmu”. Oleh karena itu, mengumpulkan banyak buku merupakan salah satu cara untuk menyiasati ilmu ini. Namun buku yang menguning seringkali membuat kita marah pada diri sendiri. Untuk merayakan Hari Buku Sedunia, kita akan belajar cara merawat buku agar tidak rusak.

Tips Agar Buku Tidak Menguning

Selamat Hari Buku Sedunia! Sebagai pecinta buku, ia pasti memiliki banyak sekali koleksi buku cetak di rumah. Buku bukan hanya sumber informasi, hal-hal tersebut bisa menjadi jawaban atas rasa penasaran seseorang. Pecinta buku pasti memiliki pemikiran yang sama, yaitu kemampuan untuk menjadikan buku ini sebagai favorit buku itu. Tapi jangan khawatir, tips berikut bisa mencegah buku Anda menguning.

Metode kerja kitab kehidupan

Sinar matahari dapat membuat buku tetap kering, tetapi di sisi lain, sinar matahari dapat menyinari buku secara langsung dan banyak mengeringkan halaman. Kertas yang terlalu kering seperti kertas yang berubah warna dari warna aslinya

Cara mencegah buku menguning, cara mencegah mobil menguning putih, cara membersihkan sepatu putih, cara mencegah buku menguning, cara mencegah gigi menguning, cara membersihkan baju putih. Kuning, cara membersihkan sepatu dari warna kuning

Produk Terlaris di Shopee
Gambar Produk
Adinata Batik Wanita Blouse Pinggala Adelio/span>
Rp229.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Adinata Batik Wanita Blouse Nadia
Rp259.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Blouse Adinata Batik Jovanka Ganendra
Rp249.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Adinata Batik Wanita Blouse Kyra Kara
Rp199.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Adinata Batik Pria Kemeja Pendek Arion Vallery
Rp209.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Adinata Batik Pria Kemeja Pendek Adam Amy
Rp199.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Adinata Batik Wanita Blouse Lathifa
Rp259.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Adinata Batik Wanita Blouse Winny Wildan
Rp269.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Adinata Batik Wanita Blouse Stefani Stefano
Rp259.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Adinata Batik Wanita Blouse Amy Adam
Rp208.320
BELI SEKARANG

0 komentar:

Posting Komentar